Aksi Nasional Aliansi Bem Seluruh Indonesia

0
DEKLARASI INDONESIANYA RAKYAT
Sebagai salah satu motor penggerak mahasiswa Indonesia, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), berkomitmen untuk terus menghasilkan ide terbaik bagi bangsa dan terus memposisikan diri sebagai mitra kritis pemerintah dalam menjalankan kekuasaannya. Komitmen ini diwujudkan dengan konsistensi gerakan BEM SI dalam mengawasi pemerintahan dan diusungnya gagasan Tuntutan Pembangunan pro-Rakyat (Tugu Rakyat).
.
Di awal tahun 2019, bertepatan dengan dekatnya momen pemilihan para wakil rakyat dan momen pertemuan akbar di Musyawarah Nasional BEM SI XII di Yogyakarta. Tanggal 1 Maret 2019 perwakilan BEM di kampus-kampus yang tersebar di seluruh Indonesia, bersepakat untuk mendeklarasikan gerakan “Indonesianya Rakyat”. Gerakan ini adalah bentuk peringatan bahwa Indonesia bukanlah milik segelintir elit, melainkan milik seluruh rakyat Indonesia. Melalui tugu rakyat, aliansi BEM SI kembali meneguhkan diri untuk tetap berpihak kepada kepentingan rakyat banyak dan setia mengartikulasikan kepentingan masyarakat, di tengah dominasi kepentingan elit dalam proses kampanye.
Aksi ini ini kembali menyuarakan TUGU RAKYAT. Tuntutan bertajuk “Tugu Rakyat” . sejatinya dideklarasikan tanggal 23 maret 2008 pada pertemuan BEM SI di lampung . Saat ini Tugu rakyat berkembang menjadi 11 tuntutan yang disuarakan aliansi BEM SI pada 29 Oktober 2018 saat aksi nasional #JokowiJKGagal. Tugu rakyat tersebut ialah:

1. Penuhi 20% Anggaran pendidikan di seluruh Indonesia sesuai amanat UUD dan tingkatkan kesejahteraan guru.2. Hentikan campur tangan negara, dalam hal ini menristekdikti dan rektor, Dalam upaya mengakhiri demokrasi kampus.

3. Menjamin kesehatan Nasional yang berkelanjutan, terjangkau, bermutu, dan berkeadilan sesuai dengan amanat UU No. 23 tahun 1992.

4. Wujudkan kesejahteraan nelayan dengan menerapkan program poros maritim Indonesia.

5. Berantas mafia pertanian dan wujudkan swasembada PAJALE.

6. Tegas dalam implementasi revolusi mental dalam membuat payung hukum perilaku LGBT dan membuat regulasi.

7. Laksanakan agenda pemberantasan korupsi dan mafia hukum demi terciptanya keadilan, kepastian dan kemanfaatan

8. Wujudkan pembangun infrastruktur yang berpihak pada rakyat kecil
9. Menuntut pemerintah untuk mewujudkan kedaulatan ekonomi untuk kesejahteraan rakyat dan mengevaluasi segala kebijakan ekonomi yang tidak pro rakyat
10. Menuntut pemerintah untuk menghentikan perusahaan-perusahaan dan ekspansi lingkungan yang merugikan rakyat
11. Wujudkan kedaulatan Sumber Daya Alam (SDA) untuk kemakmuran rakyat dengan dengan melaksanakan amanat pasal UUD 1945
Melalui aksi ini aliansi BEM SI menantang capres cawapres untuk berani menandatangani tuntutan ini sebagai bentuk komitmennya menyelesaikan pemasalahan indonesia dan memastikan pemerintahannya berpihak pada rakyat. Jika sampai pemilihan berlangusng tidak menandatangani tugu rakyat maka mahasiswa akan menyegel istana negara.
#MAHASISWAmenantangCAPRES
#IndoneisanyaRakyat
Tertanda,
Koordinator Media BEM SI
BEM KBM STEI SEBI
Ghozi Basyir Amirullah
(085740664687)

Tinggalkan Balasan